Translate

:: Terima Kasih Atas Kunjungan Anda ::

Senin, 20 Juni 2011

Daya Ingat Abu Hurairah ra.

Saat penaklukan Khaibar tahun 7 H/638 M Abu hurairah baru bergabung dan mengikuti ajaran Rasulullah SAW. Pada saat itu beliau berumur 26 tahun dan sejak saat itu hampir-hampir tidak pernah berpisah lagi dengan Rasulullah SAW kecuali pada saat-saat tidur. Hal ini dijalaninya selama empat tahun hingga Nabi Muhammad SAW wafat.

Dengan berbekal daya ingat dan daya serap yang tinggi, disertai ketekunan yang tak kenal lelah, keuletan, dan kerja keras maka dalam waktu relatif singkat Abu Hurairah mampu menghafal hadits-hadits dari Rasulullah SAW yang jumlahnya ribuan, kurang lebih 5.374 Hadits.


Pada suatu hari Marwan bin Hakam bermaksud menguji kemampuan menghafal Abu Hurairah. Maka dipanggilnya beliau dan diajak duduk bersamanya, lalu Abu Hurairah diminta untuk mengabarkan hadits-hadits dari Rasulullah. Sementara itu Marwan bin Hakam memerintahkan juru tulisnya yang berada di balik dinding untuk mencatat semua yang dikatakan Abu Hurairah. Sesudah berlalu satu tahun, Abu Hurairah dipanggil lagi dan diminta membacakan lagi hadits-hadits yang dahulu pernah ditulis juru tulis Marwan bin Hakam. Ternyata tidak ada sepatah katapun yang terlupa, semua disebutkan sama persis seperti setahun yang lalu.

Imam Syafi’i pernah menyatakan bahwa “ Abu Hurairah adalah seseorang yang paling banyak hafal diantara seluruh perawi hadits semasanya”. Demikian juga Imam Bukhori pernah berkata bahwa “ ada kira-kira 800 ratus orang atau lebih dari sahabat tabi’in dan ahli ilmu yang meriwayatkan hadits dari Abu Hurairah.

Di dalam riwayat lain dinyatakan bahwa sebenarnya Abu Hurairah bukan seseorang yang ahli menulis, namun beliau memiliki kemampuan menghafal yang luar biasa. Ia banyak kesempatan mengikuti Rasulullah karena kebetulan ia tidak memiliki perniagaan atau bisnis yang diurusnya dan juga tidak memiliki ladang yang digarapnya. Ia juga menyadari termasuk orang yang belakangan bergabung dengan Rasulullah SAW.


0 komentar:

Posting Komentar