Translate

:: KHOTMIL QUR'AN AKAN DILAKSANAKAN PADA TANGGAL 9 MEI 2018 :: MOHON DO'A RESTU SEMOGA LANCAR, BERKAH, MANFAAT ::

Minggu, 20 Mei 2012

Haflah Khotmil Qur'an 2012

Tadi pagi tepatnya tanggal 20 Mei 2012 Khotmil Qur’an PP. Putri Al Hidayah Kroya telah digelar. Acara yg dihadiri beberapa Kyai dan Bu Nyai serta pejabat pemerintah di wilayah Kroya dan sekitarnya berlangsung cukup meriah. Diantara yang hadir adalah KH. Su’ada Adzkiya’ (Rais Syuriah PCNU Cilacap), KH. Sahal Adzkiya’ (Pengasuh Pondok Pesantren Welahan), Ibu Nyai Hj. Shohifah (Pengasuh Raudlotul Qur’an, Banyumas), KH. Maskun Karim (Rais Syuriah MWC Kroya), Bapak Soepomo (Kades bajing Kulon), Bapak Muhammad Najib (Camat Kroya) dll.

Acara dibuka pada pukul 09.00 dengan tampilan hadroh Tsamrotul Hidayah, Group Rebana PP. Putri Al Hidayah dengan membawakan lagu-lagu Sholawat. Kemudian dilanjutkan prosesi Khataman Al Qur’an yang Alhamdulillah pada tahun ini dapat mewisuda Khotimat sejumlah 31 Santriwati. Terdiri dari 1 orang khatam Al Qur’an 30 Juz bil hifdzi (hafalan) dan 30 orang binnadzri.

Ditengah-tengah prosesi khataman Al Qur’an diselingi dengan bacaan tahlil untuk mengirim Do’a kepada sesepuh yang telah mendahului kita, baik muassis ma’had maupun sesepuh para santriwati al Hidayah.

Acara khotmil Qur’an ditutup dengan Mau’idzoh Hasanah oleh KH. Dr. Abdul Ghofur Maimoen Zubair, M.A (Gus Ghofur). Diantara isi dalam ceramah tersebut adalah pentingnya 3 hal bagi penuntut Ilmu, yaitu “ Ibadah, Ta’dzimul Ilmi (menghormati ‘Ilmu), dan Ta’dzimul ‘Ulama’ (menghormati Guru)“.

Bila ini diterapkan dan menjadi titik tekan disemua sekolah-sekolah di Indonesia, insyaAllah akan tumbuh generasi-generasi yang kuat dalam ‘Ilmu dan akhlaq.

Beliau juga menekankan pentingnya menghafal Al Qur’an, karena hampir semua tokoh-tokoh ‘Ulama Salaf membekali dalam menuntut ilmu dengan terlebih dahulu hafal Al Qur’an 30 juz, seperti Imam Kita As-Syafi’I yang hafal Al Qur’an dalam usia 7 tahun. Dan masih banyak lagi yang beliau utarakan.

Semoga pada khataman Al Qur’an berikutnya dapat lebih banyak lagi santriwati yang hafal Al Qur’an. Amiin…

إِذَا خَتَمَ الْعَبْدُ القُرْآنَ صَلَّى عَلَيْهِ عِنْدَ خَتْمِهِ سِتُّوْنَ أَلـْفِ مَلَكٍ (رواه الديلمي)

Apabila seseorang menghatamkan Al Qur’an, maka pada saat hatamannya 60.000 malaikat memohonkan rahmat untuknya. (HR. Ad dailami)


comments

6 komentar:

  1. teruslam berjuang kita bina generasi yang qur'ani....

    BalasHapus
  2. matur suwun... mohon doanya

    BalasHapus
  3. Wah seru Banget!!!!! Teruslah berjuang menegakan Aswaja demi menghadang aqidah yang banyak menyesatkan umat.

    BalasHapus
  4. Sebagai Wong Kroya di perantauan mudah2an semakin banyak orang yang mau begabung bersama Pondok Al Hidayah.Amiiin.
    Wong Kroya Tinggal Di Jogja.

    BalasHapus
  5. Paidullll...12 Juli 2012 20.15

    Aminnnn....

    BalasHapus
  6. sing moto2 niki sinten njih.....

    BalasHapus