Translate

:: Terima Kasih Atas Kunjungan Anda ::

Madrasah Tahfidzil Qur'an

Madrasah Tahfidzil Qur'an diperuntukkan bagi santiwati yang ingin menghafalkan Al-Qur’an 30 Juz, baik yang masih duduk di bangku sekolah formal (SD/SMP/SMA) di Yayasan Miftahul Huda ataupun tidak. Diharapkan bisa mengahatamkan Al Qur'an bilhifdzi (dengan hafal) dalam waktu 3 tahun. Hingga sekarang Madrasah Tahfidzil Qur’an di asuh oleh Ibu Nyai Amanah dengan dibantu para santri senior.


Secara khusus pengajaran Madrasah Tahfidzil Qur’an PP. Putri Al Hidayah menggunakan dua cara :

a. Sorogan  : dengan cara murid menyetorkan hafalannya sementara guru mendengarkan dan membetulkan bila ada kesalahan. Masing masing santri bebas berapa ayat atau berapa halaman ia akan menyetorkan hafalannya, tergantung kemampuan masing-masing santri. Semakin banyak ia menyetorkan hafalan dalam setiap harinya, maka semakin cepat hatamnya.

b. Tadarus Bersama : sesama santri yang menghafalkan Al Qur’an membaca secara bergiliran guna menjaga hafalannya, dan sebagai sarana saling membantu hafalan temannya.

Untuk mentashih (Menyaring) kembali hafalan santri yang sudah khatam 30 juz, selain diwajibkan membaca hafalannya 30 Juz secara utuh dengan disimak oleh seluruh santri Al Hidayah juga diharuskan melakukan tes hafalan, dengan metode:
  1. Guru membaca suatu ayat kemudian santri di suruh meneruskan.
  2. satu ayat di baca, lalu santri ditanya surah dan ayat keberapa, dan bila ada bacaan ghorib didalamnya maka santri disuruh menerangkan.
  3. Ditanya tentang penguasaan ilmu tajwid.
Selain itu juga diadakan kegiatan-kegiatan extra untuk menunjang hafalan , seperti kegiatan sema’an Al Qur'an setiap hari Sabtu jam 09.00 WIB, Hari Minggu ba'da subuh dan Hari Selasa jam  09.00WIB.



Bagi santri yang sudah menghatamkan Al-Qur’an baik bin Nadzor atau bil Khifdzi maka diadakan acara Haflah Khotmil Qur'an  yang diselenggarakan setiap 2 tahun sekali.


Untuk melihat Sanad Al-Qur'an Pondok Pesantren Al Hidayah, silahkan klik DISINI