Translate

:: Pondok Pesantren Ahlussunah wal Jama'ah An Nahdliyyah::

Senin, 03 Mei 2021

Sholat Istikhoroh

 SHOLAT ISTIKHOROH : adalah sholat sunat yg dilakukan untuk memohon petunjuk dari Allah SWT dalam segala urusan, bahkan dalam perkara yang wajib sekalipun seperti berangkat Haji dll. Karena kebahagian seorang hamba adalah Ketika pilihannya adalah sesuai yg diridloi Allah SWT.

Raka’atnya adalah 2 raka’at. pada raka’at pertama setelah membaca fatihah disunahkan membaca surat Al-Kafirun, dan raka’at kedua membaca surat Al-Ikhlas. Kemudian berdoa sebagaimana dibawah ini :

 

اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ، وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ، وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ، فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلاَ أَقْدِرُ، وَتَعْلَمُ وَلاَ أَعْلَمُ، وَأَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوْبِ. اَللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا اْلأَمْرَ -وَيُسَمَّى حَاجَتَهُ- خَيْرٌ لِيْ فِيْ دِيْنِيْ وَمَعَاشِيْ وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ فَاقْدُرْهُ لِيْ وَيَسِّرْهُ لِيْ ثُمَّ بَارِكْ لِيْ فِيْهِ، وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا اْلأَمْرَ شَرٌّ لِيْ فِيْ دِيْنِيْ وَمَعَاشِيْ وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ فَاصْرِفْهُ عَنِّيْ وَاصْرِفْنِيْ عَنْهُ وَاقْدُرْ لِيَ الْخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ثُمَّ أَرْضِنِيْ بِهِ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ  

 

“Ya Allah, sesungguhnya aku meminta pilihan yang tepat kepadaMu dengan ilmu pengetahuanMu dan aku mohon kekuasaanMu (untuk mengatasi persoalanku) dengan kemahakuasaanMu.

Aku mohon kepadaMu sesuatu dari anugerahMu Yang Maha Agung, sesungguhnya Engkau Mahakuasa, sedang aku tidak kuasa, Engkau mengetahui, sedang aku tidak mengetahuinya dan Engkau adalah Maha Mengetahui hal yang ghaib.

Ya Allah, apabila Engkau mengetahui bahwa urusan ini (……-sebutkan hajatnya-) adalah baik untuk agamaku, dan akibatnya terhadap diriku sukseskanlah untuk ku, mudahkan jalannya, kemudian berilah berkah.

Akan tetapi apabila Engkau mengetahui bahwa persoalan ini adalah jelek bagiku untuk agama, perekonomian dan akibatnya kepada diriku, maka singkirkan persoalan tersebut, dan jauhkan aku daripadanya, takdirkan kebaikan untuk ku di mana saja kebaikan itu berada, kemudian berilah kerelaanMu kepadaku.”

 do'a tersebut diatas dibuka dan ditutup dengan bacaan alhamdulillah dan sholawat kepada Nabi Muhammad SAW sebagaimana adab dalam setiap berdo'a.

Setelah selesai berdoa jangan berbicara apapun tetapi diisi dengan membaca dzikir yg disukai sampai tertidur. Bacaan dzikir bisa tasbih, tahlil, atau lainnya.

dan disunahkan mengulangi sholat istikhoroh 3 kali, 7 kali sampai Allah memberikan kemantapan dalam hatinya.

0 komentar:

Posting Komentar