Translate

:: Pondok Pesantren Ahlussunah wal Jama'ah An Nahdliyyah::

Senin, 03 Mei 2021

Sholat Tasbih

 Sholat Tasbih sangat ampuh untuk terkabulnya hajat dan menghapus dosa-dosa, dan disunahkan disetiap waktu, kapanpun selama bukan waktu-waktu yang dilarang sholat. Dan dianjurkan minimal seminggu sekali melakukan sholat tasbih.

Dan cara melakukannya adalah dengan sholat 4 raka’at, disetiap raka’at setelah baca fatihah dan surat membaca : “Subhallah wal hamdulillah wa la ilaha illah wallahu akbar wa la chaula wala quwwata illa billah” sebanyak 15 x. dan setiap rukuk, I’tidal, sujud, duduk diantara dua sujud, dan setelah bangun dari sujud kedua disunahkan juga membaca bacaan tsb masing-masing 10 x. jadi jumlah total  bacaan tasbih dalam setiap raka’at adalah 75 tasbih.

Perlu diingat bahwa bacaan tasbih tersebut dibaca setelah bacaan setiap rukun dalam sholat. Jadi Ketika rukuk membaca dulu bacaan rukuk baru membaca tasbih 10 x. begitu seterusnya. Dan Ketika lupa membaca tasbih dalam rukun tertentu maka bacaan tasbih ditambahkan pada rukun setelahnya. Lebih jelasnya Ketika lupa membaca 10 x tasbih dalam rukuk, maka dalam I’tidal membaca tasbih sebanyak 20 x.

Ketika sholat tasbih dilakukan di siang hari maka sholatnya dengan 4 raka’at sekali salam tanpa tasyahhud/tahiyyat awal. Dan bila dilaksanakan malam hari maka 4 raka’at dilakukan dengan dua kali salam.

Bacaan surat untuk 4 raka’at setelah membaca fatihah secara berurutan adalah surat At Takatsur, Al-Ashr, Al Kafirun, dan Al Ikhlas.

Dan bacaan dibawah ini disunnahkan dibaca sebelum salam ataupun sesudah salam :

اللهم إِنِّي أَسْأَلُكَ تَوْفِيْقَ أَهْلِ اْلهُدَى ، وَأَعْمَالَ أَهْلِ اْليَقِيْنَ ، وَمُنَاصَحَةَ أَهْلِ التَّوْبَةِ ، وَعَزْمَ أَهْلِ الصَّبْرِ ، وَجِدَّ أَهْلِ اْلخَشْيَةِ ، وَطَلَبَ أَهْلِ الرَّغْبَةِ ، وَتَعَبُّدَ أَهْلِ اْلوَرَعِ ، وَعِرْفَانَ أَهْلِ اْلعِلْمٍ ، حَتَّى أَخَافُكَ .

اللهم إِنِّى أَسْأَلُكَ مَخَافَةً تَحْجُزُنِي عَنْ مَعَاصِيْكَ حَتَّى أَعْمَلَ بِطَاعَتِكَ عَمَلاً أَسْتَحِقُّ بِهِ رِضَاكَ ، وَحَتَّى أُنَاصِحَكَ بِالتَّوْبَةِ خَوْفًا مِنْكَ ، وَحتَّى أُخْلِصَ لَكَ النَّصِيْحَةَ حُبًّا لَكَ ، وَحتَّى أَتَوَكَّلُ عَلَيْكَ فِى اْلأُمُوْرِ كُلِّهَا حُسْنَ ظَنٍّ بِكَ .

سُبْحَانَ خَالِقِ النُّوْرِ . رَبَّنَا أَتْمِمْ لَنَا نُوْرَنَا وَاغْفِرْ لَنَا إِنَّكَ أَنْتَ السَّمِيْعُ اْلعَلِيْمُ . وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وآلِهِ وَسَلَّمَ .

“Ya Allah, Sungguh aku meminta petunjuk kepadamu sebagimana petunjuknya orang-orang yang mendapat petunjuk, amal-amalnya orang-orang yang punya keyakinan kepada-Mu, kesungguhannya orang-orang yang bertaubat kepada-Mu, kesabarannya orang-orang yang sabar, kesungguhannya orang-orang yang takut kepada-Mu, dan kesungguhannya orang-orang yang mencintai-Mu, ‘ibadahnya orang-orang yang wira’I, dan pengetahuannya orang-orang yg ‘alim.

Ya Allah, sungguh aku meminta kepada-Mu rasa takut kepada-mu yang dapat menghalangiku melakukan maksiat kepada-Mu, sehingga aku dapat mentaatimu dengan amal perbuatan yg layak mendapatkan ridlo-Mu. Dan yang dapat membuatku bersungguh-sungguh bertaubat karena takut kepada-Mu, dan dapat menerima nasehat yang baik karena cinta kepada-Mu, dan yang dapat membuatku pasrah total kepadamu dalam kondisi apapun karena baiknya prasangka kepada-Mu.

Maha Suci Engkau,  duhai Sang Pencipta cahaya. Ya Tuhanku, sempurnakanlah cahayaku, dan ampunilah dosaku karena sesungguhnya Engkau Maha Mendengar dan Maha Mengetahui. Semoga Allah curahkan sholawat dan salam kepada Tuan kami Muhammad SAW dan keluarganya.

0 komentar:

Posting Komentar